Prosesor AMD 4500 Murah di 2024, Layak Beli?


Bagi yang suka rakit PC atau yang menyukai dunia PC, tentunya prosesor menjadi komponen penting yang tidak bisa abaikan. 

Seringkali prosesor menjadi komponen pertama yang perlu dipertimbangkan. Seringkali yang saat merakit PC yang pertama kita sebutkan adalah prosesornya apa. Baru kemudian ke komponen lainnya seperti RAM, Storage, dll.

Kali ini saya akan membahas sebuah prosesor yang mungkin sudah ketinggalan tetapi mungkin bagi sebagian orang akan masih sangat berguna.

Bagi kaum mendang mending yang masih bingung dengan memilih prosesor apa untuk rakit pc di tahun 2024, ada salah satu prosesor yang layak untuk dipertimbangkan, AMD Ryzen 4500.

Di tahun 2024 ini, bagi pengguna prosesor lama AMD Ryzen 2200G, mungkin akan tertarik untuk mengganti prosesor (upgrade prosesor) jika ingin menggunakan prosesor lebih kuat (powerfull) dan tentunya harga yang murah.

Untuk melakukan upgrade memang lebih baik menggunakan prosesor keluaran terbaru karena memang performance-nya akan sangat berbeda jika dibandingkan dengan prosesor dikelas yang sama tapi sudah berusia lima tahun lalu.

Dalam melakukan upgrade memang perlu dipertimbangkan banyak hal. Biaya adalah salah satunya.

Bagi yang memiliki budget pas-pasan mungkin dan sudah menggunakan prosesor AMD Ryzen sebelumnya yang masih 4 core dan juga sudah membeli atau memiliki VGA Card yang lumayan bagus, maka melakukan upgrade prosesor ke AMD Ryzen 4500 mungkin bisa menjadi pilihan yang bagus.

AMD Ryzen 4500

AMD Ryzen 4500 adalah prosesor desktop 6-core 12-thread yang diluncurkan pada tahun 2020. Prosesor ini didasarkan pada arsitektur Zen 2 dan diproduksi dengan teknologi manufaktur 7nm TSMC FinFET. Prosesor ini diluncurkan pada tahun 2022 yang lalu. Saat ini masih tersedia di beberapa lokapasar dengan harga yang sudah turun jauh dari harga awal rilisnya.

Spesifikasi singkat prosesor AMD Ryzen 4500

  • Core dan Thread: 6 core dan 12 thread
  • Kecepatan Clock: Base clock 3.6 GHz, Boost clock hingga 4.1 GHz
  • Cache: 384KB L1 cache, 3MB L2 cache, 8MB L3 cache
  • Socket: AM4
  • TDP: 65W


Digunakan untuk apa Prosesor AMD Ryzen 4500

AMD Ryzen 4500 sangat cocok untuk berbagai macam pekerjaan. Khususnya untuk multitasking.

1. Komputasi Umum

Prosesor ini seperti prosesor pada umumnya yang bisa digunakan untuk menjelajahi web, menggunakan spreadsheet, dan aplikasi office lainnya.  

2. Multitasking

Menjalankan beberapa program secara bersamaan, seperti membuka banyak tab browser, mengedit dokumen, dan streaming musik.  Ini mungkin yang paling sering dilakukan bagi pengguna komputer khususnya PC Kantor.

3. Game ringan

Selain untuk bekerja office, prosesor ini sudah mumpuni untuk digunakan bermain game ringan seperti Dota 2,  CS:GO, dll. Tentu saja performa dan kenyamanan bermain game tergantung dengan VGA Card yang digunakan. 

4. Multimedia

Untuk penggunaan multimedia, pastinya tidak diragukan lagi jika hanya sekedar menonton video, streaming film dari youtube, netflix, dll. Selain untuk nonton, dengan jumlah core prosesor yang banyak maka akan sangat bisa digunakan untuk editing foto ataupun video. Untuk editing video biasanya juga tergantung dari VGA Card yang digunakan.  

Kenapa memilih AMD Ryzen 4500

1. Karena harganya murah

Saat ini harga prosesor ini sudah cukup terjangkau sekitar 1 jutaan rupiah. Satu jutaan kecil ya tidak sampai satu setengah juta. Dengan harga segini saya rasa cukup layak untuk dibeli. Saat ini kita bisa mendapatkan prosesor ini hanya Rp 1.230.000,00..

 2. Tidak perlu mengganti Hardware lainnya.

Prosesor ini masih support untuk motherbard AM4, apalagi yang menggunakan chipset A320, prosesor ini memiliki daya rendah yang masih mampu dijalankan di motherboard A320.

Selain itu, RAM dan Cooler Prosesor yang sudah dipunyai masih sesuai, masih bisa dipakai lagi sehingga tidak akan menjadi masalah jika melakukan upgrade dari prosesor lama ke prosesor ini.

3. Performa Kencang

Ada kalanya mengerjakan pekerjaan office, tetapi sambil menonton video, mendengarkan berita atau juga sambil mendesain gambar. Dengan jumlah core yang banyak maka tidak akan menjadi masalah membuka aplikasi bersamaan. 

Prosesor ini memiliki jumlah core 6 buah dan 12 thread. Dengan jumlah core yang banyak ini tentunya akan lebih mumpuni untuk diajak multitasking.

4. Support Windows 11

Oh iya ada lagi, bisa upgrade ke Windows 11. Dengan menggunakan prosesor AMD Ryzen 4500 ini, maka kita bisa upgrade Sistem Operasi ke Windows 11 karena berdasarkan informasi di website Microsoft, prosesor ini sudah support Windows 11.

Saya kira demikian, untuk tepat atau tidaknya menggunakan dan memilih prosesor ini kembali ke masing-masing individu karena kebutuhan dan pertimbangan akan berbeda.

5. Hemat Daya

Prosesor AMD Ryzen 4500 ini hanya memiliki TDP 65W. Dengan begiini maka kebutuhan daya akan lebih rendah sehingga bisa lebih menghemat biaya listrik. Meskipun memiliki TDP hanya 65 Watt, prosesor tetap kuat dengan 6 core dan 12 thread-nya.

Hal yang perlu diperhatikan 

Sebelum membeli prosesor ini, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Berikut ini ada beberapa catatan yang mugkin bisa dijadikan bahan pertimbangan.

1. Sudah tertinggal beberapa tahun

Jika memutuskan untuk menggunakan prosesor AMD Ryzen 4500, maka yang perlu dipertimbangkan adalah usia prosesor ini. Saat ini sudah ada beberapa prosesor yang lebih baru dengan selisih harga yang lumayan tidak jauh. Untuk itu perlu dipertimbangkan lebih matang sebelum memilih prosesor ini.

2. Tidak Memiliki VGA Card Terintegrasi

JIka menggunakan prosesor ini pastikan sobat tekno telah memiliki VGA Card. Hal ini dikarenakan prosesor AMD Ryzen 4500 ini tidak memiliki VGA Card terintegrasi. 

3. Pengunaan RAM dan SSD

Penggunaan RAM dan SSD juga akan mempengaruhi kecepatan dan kenyamanan dalam melakukan multitasking. RAM yang besar 16-32 GB dan menggunakan SSD akan lebih disarankan.

Kesimpulan

AMD Ryzen 4500 adalah prosesor yang masih kuat, hemat daya, dan terjangkau. Ini adalah pilihan yang pas untuk pengguna yang mencari prosesor yang dapat menangani berbagai tugas sehari-hari, bermain game, dan juga untuk editing dengan harga yang terjangkau.


Referensi

Situs web AMD: https://www.amd.com/en.html

Techopedia: https://www.techopedia.com/

Tom's Hardware: https://www.tomshardware.com/

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama